Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan, Ustadz Dari Papua

Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan, Ustadz Dari Papua - Banyak orang yang beranggapan bahwa tanah Papua merupakan salah satu daerah yang sangat kental dengan agama kristennya, namun anggapan ini mulai ditepis sedikit demi sedikit oleh Ustadz Fadlan Garamatan yang begitu getolmenyiarkan dakwah dan juga misi Islam ke tanah Papua. Tak jarang pula orang menyebut Ustadz Fadlan Garamatan sebagai Ustadznya Orang Papua.

Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan
Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan
Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan dulunya adalah seorang mahasisiwa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 80 an. Dia merupakan salah satu mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam bidang agama yang sangat mumpuni dibandingkan teman-teman yang lain. Sebenarnya ketika masih menjadi mahasiswa banyak yang tidak percaya jika Ustadz Fadlan Garamatan adalah seorang muslim. Pernah suatu kali ia diusir oleh dosennya sendiri karena sang dosen tidak percaya dengan keislaman yang dimiliki oleh Ustadz Fadlan Garamatan. Kemudian Ustadz Fadlan Garamatan melakukan ceramah selama hampir 2 jam dalam bidang masalah agama, ternyata sang dosen merasa takjub dan kagum dengan apa yang dimiliki Ustadz Fadlan Garamatan. Kemudian sang dosen pun bilang bahwa kelak Ustadz Fadlan Garamatan adalah orang yang akan menyelamatkan bumi cendrawasih dari kejahiliyahan.


Awal Ustadz Fadlan Garamatan Mula Berdakwah

Setelah lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar, Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan bukannya memilih menjadi Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) ataupun menjadi pengusaha. Akan tetapai beliau memilih jalur dakwah sebagai salah satu jalur yang akan ia geluti dan juga akan ia lakoni sepanjang hidupnya. Karena ia menginginkan agar masyarakat yang ada di Papua tidak lagi menjadi warga masyarakat yang bodoh dan juga tidak berpendidikan, ia menginginkan bahwa kelak orang-orang yang ada di Papua menjadi warga muslim seluruhnya dan juga menjadi Mualaf.

Selain itu yang selalu menjadi cita-cita luhur Ustadz Fadlan Garamatan adalah mengubah konsep dan image bahwa orang Papua adalah orang yang jarang mandi, telanjang dan juga masih kolot. Ia sangat mendambakan bahwa orang Papua menjadi orang yang memiliki derajat harkat dan martabat yang sama dengan orang yang ada di Jawa, Bugis dan juga masyarakat kulit putih lainnya. 

Misi awal mula ketika Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan berdakwah adalah mengislamkan orang-orang yang ada di sekitar kampung halamnnya dulu yaitu di Lembah Waliem Wamena. Hal yang pertama kali ia tawarkan kepada orang-orang yang ada di sekitarnya adalah sebuah konsep yang sangat sederhana yaitu mandi dan menjaga kebersihan tubuh yang sering dijalankan oleh orang Islam dan juga orang berpendidikan. Dengan konsep yang sangat sederhana tersebut Alhamdulillah hampir satu desa yang merupakan kampung halaman Ustadz Fadlan Garamatan menyatakan diri masuk Islam secara massal.

Tantangan Ustadz Fadlan Garamatan Dalam Berdakwah

Berdakwah di bumi Papua bukanlah salah satu pilihan yang sangat tepat dalam berdakawah, ada berpuluh-puluh rintangan yang akan siap menyambut siapapun yang akan melaksankan misi dakwah ke bumi cendrawasih ini diantara rintagan tersebut adalah, medan yang begitu ekstrim, cuaca yang bisa sangat dingin, warga masyarakat adat yang masih banyak yang belum berpendidikan, kepercayaan animisme dan dinamisme yang begitu kental dan masih banyak lainnya. 

Dari sekian banyak rintangan yang ada dalam melaksanakan misi dakwah Ustadz Fadlan Garataman dengan segala keyakinan yang ia miliki berjuang dan berusaha agar mampu menghadapinya dengan sekuat tenaga yang beliau miliki. Dalam beberapa talk show yang pernah dilakukan ustadz yang satu ini pernah menceritakan pengalamnnya yang begitu pahit dan layak untuk menjadi bahan renungan kita. Mana kala suatu hari saat beliau berdakwah di sebuah pelosok desa yang ada di Papua, beliau mendapat seranagan yang begitu brutal dari masyarakat sekitar, Ustadz Fadlan Garataman dan rombongan yang ganya berjumlah tujuh orang di serang dengan menggunakan panah oleh masyarakt sekitar. Akibat dari kejadian itu salah satu lengan yang dimiliki Ustadz Fadlan Garataman mengalami patah tulang. Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garataman juga pernah menuturkan bahwa untuk masuk ke sebuah daerah terpencil dalam misi dakwahnya terkadang ia harus berjalan sampai 12 hari lamanya, namun semua masalah itu dapat diatasinya dengan baik. 


Buah Dari Kerja Keras Dan Keikhlasan Dalam Berdakwah

“Setiap yang menaman pasti akan memetik”, sebuah pepatah lama yang layak untuk disematkan kepada Ustadz Fadlan Garataman yang berusaha dengan sekuat tenaga yang ia miliki mampu membuat bumi cendrawasih menjadi salah satu provinsi yang dari hari ke hari semakin betambah saja orang yang memeluk Islam. Adapaun beberapa pencapaian yang diraih oleh Ustadz Fadlan Garataman diantaranya adalah :

• Memiliki BMM ( Baitul Ma’al Muamalat ) dan AFKN ( Al Faatih Kaafah Nusantara ) dua lembaga ini adalah lembaga yang didiirikan oleh Ustadz Fadlan Garataman. Dua lembaga ini berperan aktif dalam rangka memajukan perekonomian dan juga kemakmuran orang Papua yang selama ini masih tertinggal jauh dengan orang Jawa. Di sini berbagai macam bahan makanan dan juga minuman yang masih belum diolah, diproses dan juga diolah menjadi makanan yang layak makan dan layak jual. Seperti sagu dan juga berbagai macam buah-buahan yang dijadikan jus dan dan lain-lain, bahkan pemasaran dari berbagai produk BMM dan AFKN ini sudah banyak yang tembus pasar Internasional.

• Sudah memiliki sekitar 900 an masjid dan bahkan sudah banyak ribuan anak yang disekolahkan di kuliahkan dan dipondokkan olah Ustadz Fadlan Garataman. Hal tersebut tak dilakukannya secara sendiri namun berkat bantuan dari donatur yang sangat banyak jumlahnya dan mancapai milyaran rupiah.

• Memiliki sekitar 600 da’i yang tersebar di seluruh Papua. Semua dai-dai tersebut merupakan anak didik dari perjuangan Ustadz Fadlan Garataman selama ini. dan juga ada beberapa da’i yang sengaja didatangkan dari Jawa dan juga daerah lain untuk membantunya berdakwah dan menyebarkan agama Islam.

• Mengirim masyarakat Papua pakaian layak pakai sebanyak 29 ton per tahun. Untuk masalah pakaian ini Ustadz Fadlan Garataman mendapatkannya secara gratis dari jama’ah-jama’ah beliau yang ada di Jakarta maupun dari berbagai daerah lain yang ada di luar pulau Papua.

• Memiliki Listrik Mikro Hidro yang tak terhitung jumlahnya. Listrik mikro hidro ini dibuat oleh Ustadz Fadlan Garatamandan beberapa temannya dalam rangka mengenalkan listrik alami yang bisa diproduksi sendiri dari alam yang ada di Papua. 

Sungguh mulia dan baik sekali Ustadz Fadlan Garatamanini, walaupun medan yang dijalaninya sebagai medan dakwahnya sangat menantang dan juga mengundang banyak sekali bahaya namun beliau tidak pernah gentar untuk menghadapinya. Dengan kengototan yang ia miliki saat ini maka tak salah jika Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan, banyak yang menjuluki sebagai Ustadznya Orang Papua karena sangking  besar dan juga kuatnya pengaruh beliau dalam menyelamatkan orang Papua menuju masa Islam. 

Tidak ada komentar untuk "Profil Dan Biodata Ustadz Fadlan Garamatan, Ustadz Dari Papua"