Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto, Pendakwah Yang Juga Seorang Dosen

Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto, Pendakwah Yang Juga Seorang Dosen - Siapa sih yang tidak kenal dengan ustad yang satu ini gaya bahasa yang sederhana dan juga sangat mudah dimengerti oleh semua kalangan menjadikan ustadz yang satu ini, terkenal dan banyak yang tahu, hampir setiap hari ketika kita menonton acara Hitam Putih yang tayang setiap malam sering sekali beliau diundang. bisa dibilang hampir tiap hari beliau masuk TV. Apalagi jika sudah masuk bulan Ramadhan maka sudah pasti setiap hari beliau akan hadir entah menjadi penceramah ataupun menjadi salah satu juri pencarian bakat. Dengan segala kemampuan yang ia miliki selain menjadi penceramah dan tukang dakwah di mana-mana beliau Ustadz Wijayanto yang juga mengabdikan dirinya dalam dunia akademisi sebagai dosen di Universitas Gadjah Mada ( UGM ).

Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto
Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto
Berbeda dengan profil dan biodata Habib Syech, dalam menyampaikan dakwahnya Ustadz Wijayanto tidak menggunakan media musik dan sholawatan. Ustadz Wijayanto lebih menggunakan pendekatan sosial dan kejadian sehar-hari yang sering dijumpai.

Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto 

Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto lahir di kota Solo tanggal 27 Desember 1968 beliau sekarang tinggal di  Pesantren Bina Anak Sholeh Jalan Wirosaban Barat no 5, Umbulharjo Yogyakarta.Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto mempunyai pekerjaan sebagai salah satu penceramah yang ada di Indonesia, selain itu beliau juga menjadi dosen di Universitas Gajah Mada pada program Master. Pendidikan terakhir yang ia tempuh adalah Master Sosiologi pada Universitas Islam Internasional Islamabad.

Banyak oranag yang menyebutkan bahwa menjadi pendakwah di  Televisi merupakan salah satu pekerjaan yang dibilang instan artinya hanya belajar beberapa buku lalu di dakwahkan begitu saja. Namun hal ini tidak berlaku bagi Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto beliau memiliki kemampuan dalam bidang keilmuan yang tidak bisa diragukan lagi. Selain karena beliau memang alumni dari pondok pesantren beliau memang keluaran dari universitas luar negeri. 

Jiwa penceramah yang selama ini ada pada Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto bukan hanya datang dengan sendirinya namun beliau ditempa dengan pendidikan pondok pesantren Al Islam yang pernah ia tekuni selama enam tahun sejak SMP dan SMA. Selain itu dia juga pernah menekuni beberapa macam ilmu untuk mengembangkan dirinya sendiri. 

Salah satu hal yang paling membedakan antara beliau dengan ustadz-ustadz yang lain adalah gaya bahasa dan juga metode ceramah Ustadz Wijayanto. Beliau sangat mengurangi dalil dalam berdakwah alasan beliau melakukan itu karena ia ingin agar  jamaahnya tidak bosan dengan ceramahnya, beliau lebih mengutamakan menggunakan pendekatan dunia sosial dalam setiap dakwah yang beliau gunakan. 

Dalil-dalil yang ada dalam al quran beliau terjemahkan ke dalam bahasa sosial yang sangat dekat dengan jamaah. Sehingga semua pesan yang ada di dalam al quran dan as sunnah mudah sekali dipahami oleh masyarakat. Kalaupun terpaksa menggunakan dalil maka beliau akan menjelaskan terlebih dahulu apa asbabun nuzul dan asbabul wurud nya terlebih dahulu, kemudian baru mengungkapkan dalil. Dari hal itulah menjadikan beliau sangat dinanti-nantikan oleh jamaahnya setiap hari. 

Baca juga : Profil Dan Biodata Ustadz Idrus Ramli

Selain hal itu salah satu yang membuat adalah joke-joke yang benar-benar segar dan tak menyinggung siapa-siapa.  Joke yang beliau lontarkan merupakan sindiran yang sederhana dan juga menghibur sehingga membuat siapa saja bahkan sampai terpingkal-pingkal.

Satu hal lagi yang membuat beliau berbeda dengan ustad yang ada di TV adalah beliau sangat enggan melakukan kontrak berlebihan dengan TV. Pernah suatu kali beliau melakukan kontrak dengan acara Opera Van Java. Sebenarnya Ustadz Wijayanto harus menghabiskan sebanyak 15 episode. Ketika masih dapat 3 episode beliau menghentikan kontrak karena merasa tidak pas berada di sana. 

Karya Ustadz Wijayanto

Selain aktif dalam dunia ceramah dan juga berdakwah ternyata Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto juga mempunyai karya lain yang juga bisa dibilang fantastis adalah dia mencetak sebuah buku yang sangat laris di pasaran. Judulnya “Jodohku Maunya Kamu” buku tersebut beliau buat untuk mengatasi masalah pacaran anak muda yang kadang sangat salah jalan dan juga keliru dalam menilai arti dari hakikat pacaran yang sebenarnya sangat salah, dan membenarkan konsep pacaran yang benar dan juga sangat baik buat anak muda. 

Selain dengan membuat karya yang berbentuk tulisan Ustadz Wijayanto juga membuat karya yang bisa didengarkan oleh banyak khalayak diantaranya dengan merekam, dan juga mempublikasikan beberapa rekaman dari video dan juga MP3 yang bisa di diunduh oleh siapa saja dan dimana saja ia berada. Dengan rekaman dan cara yang begitu bisa membuat jamaah yang jauh dan belum bisa bertemu beliau secara langsung bisa dapat mendengarkan dan juga melihat bagaimana cara ia berdakwah. Cara itulah yang benar-benar efektif dalam menggaet banyak jamaah agar senantiasa bisa  mendengar tausiyah yang beliau sampaikan. 

Kerinduan Dengan Keluarga

Pada sebuah talk show yang pernah penulis lihat yang mengulas tentang bagaimana Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto dalam kehidupannya setiap hari tersebut ada kisah-kisah unik yang selama ini belum banyak orang ketahui, bagaimana ia berjanji tidak akan pernah melakukan poligami dan juga lain-lain. 

Salah satu hal yang sangat menyentuh tatkala anak beliau dihadirkan di depan layar kaca televisi, beliau Ustadz Wijayanto menangis sesengukan tatkala beliau menceritakan bahwa ia sangat rindu berkumpul dengan keluarganya dan bercengkrama dengan mereka. Hal ini disebabkan karena jadwal dakwah dan jadwal mengajar beliau yang sangat padat sehingga meluangkan waktu dengan keluarga saja sangat susah, beliau Ustadz Wijayanto juga meminta maaf kepada anak-anaknya karena belum bisa membimbing anak-anak dengan baik.

Baca juga : Profil Dan Biodata KH. Marzuki Mustamar

Demikian sekelumit tentang Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto, semoga semakin banyak ustadz-ustadz yang lain di Indonesia yang memiliki kharisma dan juga kemampuan dan totalitas dalam berdakwah seperti beliau.

1 komentar untuk "Profil Dan Biodata Ustadz Wijayanto, Pendakwah Yang Juga Seorang Dosen"

  1. kepengen banget nyinau teng pak yai wijayanto...msh berangan2 moga suatu saat kelaksanan...amin

    BalasHapus

Posting Komentar